Oded: Perkuat Ekonomi Masyarakat dengan Ketahanan Keluarga

Rakyat Demokrasi - Oded M. Danial, Wakil Wali Kota Bandung menekankan, pentingnya keluarga yang menadiri dalam kegiatan ekonomi masyarakat. Karena keluarga merupakan cerminan kuat masyarakat yang kokoh. Hal itu disampaikannya saat Rapat Kerja dan Silaturahmi Forum Peduli Anak Bangsa (FPAB) di Grand Pasundan Convention Hotel, Jalan Peta Kota Bandung, Sabtu (10/2/2018).

Oded: Perkuat Ekonomi Masyarakat dengan Ketahanan Keluarga

FPAB merupakan forum yang bergerak dalam bidang sosial yang tengah fokus pada peningkatan ketahanan keluarga melalui kemandirian ekonomi. Oded menilai, hal tersebut sangat positif, terlebih karena sejalan dengan program Pemerintah Kota Bandung.

"Mereka (FPAB) punya program Gepuk, atau Gerakan Penguatan Usaha Ekonomi Keluarga," ujar Oded.

Program ini bekerja sama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung, melalui Dinas Sosial, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah, dan dinas terkait lainnya. Tujuannya adalah agar masyarakat bisa lebih berdaya secara ekonomi.

Oded menyarankan agar FPAB juga memberikan edukasi kepada masyarakat untuk bisa memanfaatkan potensi yang dimiliki untuk bisa bernilai ekonomi. Di tengah kondisi Kota Bandung yang semakin ramai, warga harus bisa mengambil peluang ekonomi dari sana.

"Kita banyak program urban farming yang cukup sukses di beberapa daerah. Dari lahan yang terbatas di rumah-rumah warga bisa bercocok tanam, bisa dijual, atau dikonsumsi sendiri. Hal itu secara tidak langsung turut membangun ketahanan keluarga," tutur Oded.

Oded juga mengarahkan warga juga bisa memanfaatkan kreativitas untuk menjadi sumber ekonomi. Hanya saja, perlu dibantu dari segi pemasaran.

"Kita mulai dari yang kecil-kecil tapi menghasilkan. Tapi warga kadang bingung mau dipasarkan ke mana. Saya harap nanti FPAB bisa membantu memberikan pelatihan bagaimana memasarkan produk-produk masyarakat," imbuh Oded.

Ia berharap, kolaborasi antara Pemkot Bandung dan FPAB bisa semakin memantapkan upaya untuk meningkatkan kapasitas ekonomi masyarakat.

"Mudah-mudahan kolaborasi dengan Pemkot Bandung bisa menghasilkan hal yang positif, khususnya di dalam peningkatan kemampuan ekonomi masyarakat," ujar Oded.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url