Walikota Bandung Resmikan Normalisasi Sungai Citepus di Jalan Pagarsih

Rakyat Dmeokrasi - Wali Kota Bandung, M. Ridwan Kamil meresmikan normalisasi sungai Citepus di Jalan Pagarsih Kota Bandung, Selasa (13/2/2018). Dengan normalisasi ini diharapkan dapat mengatasi banjir di kawasan tersebut.

Walikota Bandung Resmikan Normalisasi Sungai Citepus di Jalan Pagarsih

Kendati sudah dinormalisasi, Ridwan tetap meminta masyarakat tetap menjaga lingkungan sehingga jauh dari banjir.

"Kita manfaatkan sebaik mungkin normalisasi sungai ini, dan masyarakat ikut serta menjaga fasilitas sebaik baiknya," ujar Ridwan.

Dirinya pun mengapresiasi kepada bagian dari Dinas Pekerjaan Umum karena telah memberikan ruang yang berfungsi untuk membantu masyarakat jauh dari banjir. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada salah satu warga Pagarsih, Kosasih yang telah memberikan tanahnya untuk dijadikan lahan saluran normalisasi sungai.

"Salah satu apresiasi, saya berterima kasih kepada bapak Kosasih yang telah memberi sepetak tanah untuk disumbangkan agar salurannya menjadi lebar sehingga jalan air menjadi lancar. Itu menjadi contoh pengorbanan warga atas kecintaan lingkungan," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas PU Kota Bandung, Arief Prasetya menyampaikan, banjir di kota Bandung disebabkan oleh beberapa hal. Di antaranya perilaku manusia, berkurangnya resapan air, dan kapasitas dimensi sungai yang sempit. Hal itu juga yang terjadi di wilayah Pagarsih. Oleh karena itu Pemerintah Kota Bandung membangun ruang agar air bisa tertampung ketika hujan tiba.

Normalisasi dilakukan Dinas PU pada Oktober 2017 dengan membangun basemen air di Pagarsih sepanjang 220 meter dengan dimensi 5 x 3,5 meter. Normalisasi ini menghabiskan anggaran sebesar Rp 11 miliar. "Jadi normalisasi ini harus dijaga oleh masyarakat. Insya Allah jalan Pagarsih tidak akan terkena banjir," ujarnya.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url